Cara Melatih Konsentrasi dalam Bermain Drama

Kita


Dalam bermain drama, penjiwaan karakter yang baik dibutuhkan oleh seorang pemain. Untuk menghayati peran dengan baik, dibutuhkan keseriusan dan konsentrasi mendalam pada setiap kali berlatih drama.

Secara umum, konsentrasi mengandung arti “pemusatan”. Dalam dunia teater, konsentrasi berarti benar-benar memfokuskan diri dan pikiran terhadap peran yang dibawakan oleh seorang pemain. Ia harus menghilangkan pikiran-pikiran lain diluar peran, sehingga pemain dapat menjiwai karakter dengan baik.

Cara Konsentrasi

Untuk bisa berlatih konsentrasi, ikuti langkah yang dibutuhkan sebagai berikut :

  • Lakukan meditasi terlebih dahulu. Tenangkan badan dan “buang” pikiran yang tidak dibutuhkan dalam latihan drama.
  • Mulailah untuk memasuki perasaan dan otak kita dengan pikiran mengenai peran dan penjiwaan karakter.
  • Rasakan suasana yang sedang dimainkan dalam peran, serta hubungan peran Anda dengan peran pemain-pemain lain dalam drama.

 

Berlatih Konsentrasi

Untuk meningkatkan konsentrasi Anda secara maksimal, dapat dilakukan permainan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi konsentrasi Anda. Apa saja permainan tersebut? Mari kita simak di bawah ini!

 

  1. Kalimat Bersambung

Peserta dapat duduk secara melingkar agar dengan mudah melihat satu sama lain. Peserta yang pertama kali memulai harus menyebutkan salah satu kata, apapun kata tersebut. Kemudian, peserta kedua yang berada disebelahnya melanjutkan dengan menyebut ulang kata yang sebelumnya diucapkan oleh peserta pertama, dan tambahan kata darinya. Lalu, peserta ketiga melanjutkan kata-kata tersebut menjadi 3 kata, dan terus berlanjut. Permainan berhenti hingga kalimat menjadi panjang dan terdapat salah satu peserta yang lupa akan kalimatnya.

Permainan ini sangat baik untuk melatih konsentrasi dan daya ingat peserta. Kreativitas juga dibutuhkan untuk merangkai cerita agar lebih mudah diingat. Dengan berkonsentrasi, Anda dapat mengingat setiap kata yang diucapkan peserta lain agar tidak mendapat hukuman jika Anda lupa.

Baca Juga :  Ludruk: Teater Tradisional yang Dipenuhi oleh Keajaiban dan Kegembiraan

 

  1. Hitung 20

Semua peserta duduk membentuk lingkaran. Cobalah untuk menghitung angka 1 sampai dengan 20. Siapa saja boleh memulai dengan menyebut angka “1”. Kemudian, yang lain meneruskan secara acak (siapa saja boleh melanjutkannya) lalu menyebut angka “2” dan seterusnya. Setiap angka harus disebutkan oleh orang yang berbeda. Jika ada peserta yang menyebutkan suatu angka secara bersamaan, maka pemain tersebut gagal dan permainan diulang kembali dari awal.

 

Catatan penting dalam konsentrasi

Ketika Anda berlatih maupun bermain di atas panggung, ingatlah untuk fokus menjadi karakter dalam peran yang dimainkan. Pusatkan konsentrasi Anda hanya kepada satu hal. Usahakan untuk terus mempertahankan konsentrasi tersebut hingga akhir latihan dan pementasan, sehingga karakter tidak hilang dari pikiran Anda. Pastinya Anda ingin tampil maksimal kan saat bermain di atas panggung?

Konsentrasi merupakan unsur penting dalam bermain teater. Tanpanya, pemain akan kesulitan untuk menyampaikan pesan dalam cerita naskah drama. So, focus is the key!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags