Bingung Mengajak Si Kecil Berpuasa? Begini Caranya Moms

Ani Rufaidah

illustrasi by: provoke-online.com

Puasa adalah salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat muslim sebagai bentuk ketaatan kepada sang pencipta. Untuk orang dewasa, mungkin puasa sudah biasa ya moms, tapi bagaimana dengan si kecil yang baru mengenal puasa dan mengajaknya untuk menahan makan dan minum, mungkin ini menjadi tantangan berat bagi si kecil dan tentunya untuk para orang tua juga.

Tapi tidak ada salahnya kok moms mengajak anak untuk berlatih berpuasa, namun jangan sampai membuatnya terbebani ya moms, mengingat usia mereka masih kecil. Puasa dapat menumbuhkan jiwa disiplin bagi si anak, disiplin untuk makan diwaktu yang tepat.

Melatih kesabarannya agar tidak makan dan minum sebelum waktu berbuka tiba, berlatih untuk menahan amarahnya dan juga melatih kejujuran si kecil.

Mungkin bukan hal yang mudah ya moms, mengajak anak untuk berpuasa. Sebagian dari moms mungkin juga ada yang bingung, bagaimana caranya mengajak si kecil berlatih berpuasa, padahal berpuasa dapat dijadikan sarana untuk lebih mengenalkan si kecil dengan penciptanya.

Lalu bagaimana sih caranya agar si kecil mau berpuasa. Ini dia beberapa tipsnya moms.

Memberikan pemahaman kepada anak tentang maksud dan tujuan berpuasa

foto by: hallosehat.com

Ini penting moms, langkah pertama moms perlu memberikan pemahaman kepada si kecil tentang tujuan berpuasa, tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti anak, sehingga mereka tahu tujuan baik berpuasa.

Misalnya “adek, dengan berpuasa tubuh adek menjadi lebih sehat, adek jadi tahu bagaimana rasanya menahan lapar, banyak temen temen diluar sana yang tidak seberuntung adek bisa makan setiap hari, jadi nanti harus banyak berbagi”.

Baca Juga :  5 Tips Menghadapi Anak Tantrum

Puasa juga bisa menumbuhkan empati anak agar memiliki jiwa berbagi, selain itu juga melatih kejujurannya. terus berikan si kecil motivasi dan semangat untuk menjalankan ibadah puasa ya moms. Agar ketika dewasa, kelak mereka akan melaksanakan kewajiban berpuasa dengan baik.

Membuat Suasana Berpuasa Menjadi Lebih Menyenangkan

Anda bisa mengisi hari hari si kecil, selama berpuasa dengan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya bisa mengajak anak untuk membantu menyiapkan menu berbuka atau mengajak anak membeli takjil sambil ngabuburit. Moms bisa memasak menu kesukaan si kecil.

Setelah berbuka moms bisa mengajaknya tarawih bersama di masjid. Selain itu, penting untuk memperhatikan menu sahur dan berbuka si kecil ya moms, pastikan makanannya memenuhi kebutuhan gizi dan vitaminnya agar tubuh si kecil tetap kuat dan sehat selama berpuasa.

Moms Bisa Mengajak Anak Untuk Berpuasa Setengah Hari Dulu, Lakukan Secara Bertahap ya Moms

foto by: hallosehat.com

Jika anak anda masih tergolong dalam usia yang masih kecil, moms bisa mencoba anak untuk berpuasa setengah hari dulu. Karena mungkin puasa bukanlah hal yang mudah bagi anak.

Moms bisa memberikan target untuk si anak. Jika si kecil bisa melaluinya, moms dapat memberikan pujian atau reward kecil kecilan untuk si anak, agar mereka tambah semangat berpuasa.

Jika sudah bisa berpuasa setengah hari naik ke level selanjutnya hingga si anak mampu berpuasa sehari full. Intinya, moms jangan terlalu membebani anak untuk berpuasa, jadikan berpuasa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi si kecil.

Itulah, beberapa cara yang bisa moms lakukan untuk mengajarkan anak berlatih berpuasa, yang terpenting jadikan berpuasa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi mereka, sehingga kelak anak akan dengan sendirinya berpuasa.

Baca Juga :  5 Nama Anak Kekinian

Jangan lupa untuk memberi semangat dan motivasi untuk si kecil ya moms. Semoga bermanfaat
terima kasih

Artikel Terkait

Bagikan: