Air Terjun Canging

Wasila

Keindahan alam Bali sudah tidak diragukan lagi karena berbagai macam obyek wisata alamnya yang sudah mendunia. Bahkan, bisa dikatakan sebagai anugerah yang bisa dinikmati dan menyegarkan mata wisatawan. Objek wisata yang ada juga seperti pantai, air terjun, situs bersejarah dan masih banyak lainnya.

Salah satu objek wisata yang masih jarang dijumpai wisatawan yaitu Air Terjun Canging. Meskipun air terjun ini masih belum popular di kalangan wisatawan, tetapi keindahan alamnya masih asri. Nah, buat kamu yang kepo dengan Air Terjung Canging, simak di bawah ini ya!

Lokasi Air Terjun Canging

Lokasi Air Terjun Canging
Sumber: balijungletrekking.wordpress.com

Air Terjun Canging terletak di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Air terjun ini masuk pada bagian Sambangan Secret Garden yaitu tujuh air terjun yang berada di Desa Sambangan yang berada dalam satu wilayah. Tujuh air terjun tersebut terdiri dari air terjun Cemara, Aling-aling, Dedari, Canging, Pucuk, Kroya dan air terjun Kembar.

Berbicara masalah lokasi tepatnya, Air Terjun Canging ini lebih dekat dengan air terjun cemara dan dedari. Jadi, liburan di sambangan ini bisa lebih seru karena bisa menikmati 3 objek wisata yang berdekatan.

Akses ke Air Terjun Canging

Air terjun ini yang masih belum terlalu populer sehingga akses menuju ke Air Terjun Canging butuh usaha ekstra. Namun, bagi kamu yang suka berpetualang, perjalanan ke Canging tentu menjadi hal yang menyenangkan.

Untuk menuju Air Terjun Canging, kamu harus berjalan kurang lebih 700 meter untuk menikmati keindahan air terjunnya. Pertama, kamu harus mencari pos aling-aling terlebih dahulu. Sesampainya di pos, kamu jalan terus menempuh 100 meter higga samapi di pertigaan. Selanjutnya, kamu jalan di bagian kiri yang menanjak hingga menemui pertigaan kedua.

Baca Juga :  Hotel Niagara Parapat

Baca juga: Mengenal Keindahan Pantai Lariti

Setelah itu, kamu belok kiri dan akan melihat balai yang berada di sebelah kiri pertigaan. Kemudian, kamu akan menemui pertigaan lagi dan melihat aliran sungai. Jalur yang akan  kamu temui menjadi lebih sulit lagi.

Selanjutnya, ikuti saja jalan lurus hingga bertemu tanjakan yang berada setelah tikungan ke kanan. Ketika sudah menemui aliran sungai, kurang lebih 500 meter lagi kamu akan sampai dan menemukan jembatan dari anyaman kayu. Letak air terjun canging tepat berada di arah kiri dari jembatan yang disebut tiying tali.

Keindahan Air Terjun Canging

keindahan Air Terjung Canging
Sumber: youtube.com

Nuansa alam dengan banyak pepohonan di sekitarnya akan kamu nikmati di Air Terjun Canging ini. Selain itu, karena letaknya yang beradadi tengah hutan dan dibalik bukit menambah suasana asri dan tenang. Aliran airnya juga jernih dan segar. Jadi, kamu tidak akan merugi setelah menempuh perjalanan yang cukup susah.

Akan tetapi, kamu juga harus tetap mematuhi peraturan yang ada. Misalnya, buat wanita yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan mandi. Bahkan, menyentuh airnya meskipun yang berada di aliran sungai pun tidak diperkenankan. Dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang sudah menjadi kepercayaan di daerah stempat.

Karena letak Air Terjun Canging berdekatan dengan Air Terjun Cemara dan Dedari. Sehingga kamu juga bisa menikmati keindahan air terjun tersebut saat mengunjungi Air Terjun Canging. Tentu jauh lebih seru bukan menikmati keindahan 3 air terjun sekaligus?

Baca juga: Pantai Pakis Karawang

Nah, semakin penasaran bukan dengan keindahan air terjun canging secara langsung? Saat liburan, air terjun canging ini bisa menjadi tujuan ideal bagi kamu yang ingin berlibur dengan keluarga maupun teman. Namun, tetap pastikan kebersihan obyek wisata yang kamu kunjungi ya!

Baca Juga :  Mengenal Keindahan Pantai Lariti

Artikel Terkait

Bagikan: