5 Manfaat Terong

Ani Rufaidah

foto by : kampustani.id

Bagi kamu pecinta sayuran dan senang dengan lalapan, pasti terong sudah tidak asing lagi ditelingamu. Sayuran yang identik dengan warna ungu tua ini adalah salah satu sayuran khas Indonesia yang paling mudah kita jumpai dimana mana.

Umumnya terong ini menjadi pelengkap untuk lalapan, tapi tidak jarang orang mengolah terong dengan cara ditumis atau disayur menjadi lauk pelengkap untuk makan nasi.

Namun, tahukah kamu dibalik warnanya yang cantik dan rasanya yang cukup nikmat, terong  memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

terong ungu atau solanum mongolena mengandung banyak nutrisi, serat, kadar air dan beragam vitamin seperti vitamin A, Vitamin B, Vitamin E dan K, kalisum, fosfor dan zinc yang sangat baik untuk tubuh.

Berikut ini ada 5 manfaat terong untuk kesehatan, yang dirangkum dari berbagai sumber :

baca juga :tips menghilangkan bau mulut

Meningkatkan sistem kerja otak

foto by : mudation.com

Manfaat yang pertama kita bisa dapatkan dari si kulit terong, kulit terong mengandung zat antioksidan yang didapat dari nasunin dan antosianin.

Kandungan nasunin pada kulit terong berfungsi melindungi dan menjaga membran sel otak dari pengaruh radikal bebas. Selain itu sering mengonsumsi terong juga dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini berdasarkan pernyataan dalam sebuah jurnal penelitian the British Journal of Nutrition tahun 2010.

Melindungi kesehatan jantung

foto by : kompasiana.com

Terong tinggi akan kandungan serat, vitamin C, kalium, fitornutrein yang baik untuk melindungi kesehatan jantung. Selain itu kandungan antioksidan yang terdapat pada terong, juga dipercaya dapat melindungi jantung dari pengaruh buruk radikal bebas.

Baca Juga :  Memilih Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih

Terong juga sayuran yang rendah lemak dan dipercaya dapat mengontrol kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian, orang yang sering mengonsumsi sayur dan buah memiliki resiko 34 persen lebih rendah terserang penyakit jantung.

Menjaga kekuatan tulang

foto by : kalbe.id

Manfaat selanjutnya dari terong yaitu kandungan kalsium,zat besi dan fosfor yang terdapat pada terong dipercaya dapat menguatkan dan menjaga kesehatan tulang.

selain itu, terong juga mengandung senyawa fenolik yang dapat mencegah gejala osteoporosis dan dapat meningkatkan kepadatan tulang. Salah satu manfaat luar biasa dari terong, yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang lain.

Membantu menurunkan berat badan

Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya menjadikan terong ini sebagai salah satu menu diet kamu. Pasalnya terong adalah makanan yang rendah kalori dan juga lemak, namun tinggi akan kandungan serat.

Serat yang tinggi dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Jadi, selain mendapatkan manfaat dari si terong, penurunan berat badan kamu juga jauh lebih cepat.

Mencerahkan dan menyehatan kulit

foto by : republika.co.id

Tidak hanya untuk kesehatan, kandungan antioksidan yang terdapat pada terong juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin E yang terdapat pada terong juga bisa menjadi nutrisi yang baik untuk mencerahkan kulit.

Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau menjadikan terong ini sebagai masker wajah, yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

baca juga :manfaat buah namnam

Terong yang biasa kita kenal umumnya ada 2 yaitu terong ungu dan terong hijau. Terong ungu yang memiliki warna lebih pekat biasanaya mengandung lebih tinggi zat antioksidan dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Namun mengonsumsi terong juga tidak boleh berlebihan. Sebab dikhawatirkan dapat mengganggu sistem pencernaan. Jika kamu ingin mengonsumsinya secara langsung tanpa dimasak. Pastikan terong dalam kondisi segar dan bersih.

Baca Juga :  Museum Kesehatan Surabaya

Lebih dianjurkan untuk mengonsumsi terong dengan cara dimasak terlebih dahulu. Jadi, Jagalah selalu kesehatanmu ya.

Artikel Terkait

Bagikan: