5 Manfaat Telur Setengah Matang

Ani Rufaidah

foto by : wikiwand.com

Telur salah satu jenis makanan praktis yang kaya nutrisi dan vitamin, serta sangat mudah diolah menjadi berbagai makanan yang lezat dan menyehatkan. Siapa yang sering mengonsumsi telur setengah matang ? sensasi yang diberikan dari telur yang diolah setengah matang, memang sering kali membuat lidah ketagihan.

Mungkin kamu sering menikmati telur setengah matang ini dengan makanan berkuah atau dijadikan sebagai menu sarapan pagi dalam sepotong roti atau pelengkap nasi goreng.

Meskipun ada beberapa penelitian yang  menyebutkan bahaya dari telur setengah matang, makanan ini tetap banyak jumlah peminatnya. Namun tahukah kamu ada manfaat yang bisa  didapatkan dari olahan telur setengah matang?

Berikut ini 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi telur setengah matang :

baca juga :5 obat cacing paling ampuh

Mengandung kadar kolesterol lebih rendah

Tahukah kamu jika telur adalah salah satu jenis makanan yang tinggi akan kolesterol. Telur yang diolah dengan waktu masak yang singkat seperti telur setengah matang ini, mengandung kolesterol yang lebih sedikit dibandingkan dengan pengolahan telur hingga matang.

Contohnya jika telur setengah matang diolah dengan cara digoreng, maka penyerapan minyak tidak sebanyak telur yang di goreng hingga matang.

Kandungan protein yang diserap lebih banyak

foto by : lampung pro.com

Manfaat berikutnya yaitu telur yang diolah setengah matang membuat protein yang ada dalam telur akan terserap lebih banyak dibandingkan dengan yang diolah hingga matang.

Telur mengandung protein, vitamin A dan B Kompleks serta berbagai jenis mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. telur yang diolah setengah matang membuat kualitas telur terjaga dan tidak terkena panas berlebihan pada saat pengolahan.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Kolesterol

Membantu menurunkan berat badan

foto by : cnnindonesia.com

Asam amino dalam telur setengah matang dapat memberikan energi yang lebih baik dan membuat tubuh akan merasakan kenyang jauh lebih lama.

Asam amino yang diserap oleh tubuh diubah menjadi energi yang dapat membantu membentuk otot-otot dan kulit.

Mencegah kerusakan sel tubuh

foto by : liputan6.com

Manfaat berikutnya yaitu membantu mencegah kerusakan sel sel dalam tubuh. Dalam telur setengah matang mengandung sumber karotenoid, lutein yang membantu organ organ tubuh beserta fungsinya dari kerusakan sel sel dan jaringan tubuh karena proses penuaan.

Mungkin manfaat yang satu ini belum banyak diketahui orang, tetapi perlu diperhatikan ya untuk lebih berhati hati dalam memilih asupan makanan yang kita makan setiap harinya.

Meningkatkan fungsi kinerja otak

foto by : shutterstock.com

Manfaat yang kelima, dari terlur setengah matang yaitu dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak, seperti dalam hal daya ingat. Dilansir dari situs manfaat.id telur setengah matang dipercaya kaya akan sumber choline, yaitu suatu unsur yang dapat membantu meningkatkan kapasitas memori dalam otak manusia.

baca juga :manfaat telur ayam kampung

Nah, itu dia 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi telur setengah matang. Namun, perlu diperhatikan selain manfaat yang diberikan ada juga beberapa resiko yang membahayakan  kesehatan dari mengonsumsi telur setengah matang.

Salah satunya resiko terkontaminasi bakteri salmonella dalam telur setengah matang lebih tinggi dibandingkan dengan telur yang dimasak secara matang.

Bakteri salmonella yang belum mati dalam proses pemasakan membuat tubuh rentan mengalami gangguan pencernaan seperti diare, mual, muntah hingga keracunan, jadi tetap harus lebih berhati-hati ya, pastikan telur yang kamu konsumsi juga fresh dan tidak berbau. semoga bermanfaat

 

Artikel Terkait

Bagikan: