5 Makanan Pereda Batuk

Ani Rufaidah

foto by : honestdocs.com

Batuk bisa disebut sebagai gejala dari suatu penyakit, tergolong tidak berbahaya, namun sangat mengganggu. batuk biasanya hilang dalam waktu satu atau dua minggu.

Batuk ada dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk disebabkan dari pola makan yang tidak sehat, dan sistem kekebalan tubuh yang kurang baik.

Pada pergantian cuaca biasanya orang lebih mudah terserang batuk. Gejala batuk biasanya disertai dengan flu dan hidung tersumbat.

Berikut ini adalah 5 jenis makanan yang wajib dikonsumsi untuk memabantu meringankan gejala batuk :

baca juga : makanan pencegah kanker

Jahe

foto by : manfaat.co.id

Jahe memiliki sifat antibakteria dan antijamur yang dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme yang menjadi penyebab batuk.

Jahe juga memberikan efek hangat, yang dapat menghangatkan tenggorokan, sehingga dapat menenangkan batuk.

Mengonsumsi jahe terutama jahe merah ketika batuk dipercaya dapat membantu mempercepat peredaan batuk. Kamu bisa mengonsumsi jahe ini dengan  carab diseduh dengan campuran teh hangat dan ditambahkan perasan air jeruk nipis.

Bawang Putih

foto by : grid. id

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membunuh mikroorganisme yang menginfeksi saluran pernapasan, mikroorganisme ini menjadi salah satu penyebab batuk.

Bawang putih mentah memiliki sifat antimikroba yang dipercaya mampu meredakan batuk. Kamu bisa mengonsumsi 1 atau 2 siung bawang putih mentah ketika batuk atau menambahkannya sebagai pelengkap bumbu dapur.

baca juga : manfaat bawang putih

Jeruk Lemon

sumber: pixabay

Jeruk lemon sejak dulu memang dipercaya mampu meredakan batuk,  kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu pada jeruk lemon terdapat sifat deutrik, yang dapat mendetoksifikasi tubuh dari zat berbahaya penyebab batuk dan membantu memerangi mikroorganisme penyebab infeksi tenggorokan.

Baca Juga :  5 Buah Tinggi Antioksidan

Kamu bisa mengonsumsi air perasan jeruk lemon hangat ditambah sedikit madu alami untuk mengurangi rasa masam. Selama batuk menyerang kurangi mengonsumsi makanan manis agar produksi lendir bisa berkurang.

Yoghurt

foto by : goodtoknow.com

Yoghurt adalah salah satu makanan probiotik, yang memiliki kandungan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi makanan probiotik dipercaya dapat meminimalisir gejala batuk.

baca juga : manfaat yakult

Kencur

foto by : kampustani.com

Kencur adalah salah satu tanaman yang dapat mengobati batuk berdahak secara alami. Khasiat kencur ini sudah tidak di ragukan lagi.

Kandungan mineral,  minyak atsiti, asam metil kanil dan alkaloid dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti masuk angin, diare hingga meredakan batuk.

Mengonsumsi kencur dapat membuat sistem pernapasan menjadi lebih lega. Kamu bisa mengonsumsi air rebusan kencur dua kali sehari untuk meredakan batuk.

Caranya parut kencur hingga halus, lalu masukan parutan kencur tersebut ke dalam air mendidih, kamu juga bisa mencampur air kencur tersebut dengan sedikit garam.

Itu dia 5 jenis makanan yang dipercaya berkhasiat meredakan batuk,  batuk adalah gejala yang ditimbulkan dari suatu penyakit. Jika batuk semakin parah hingga berlangsung selam berminggu minggu segera periksakan diri ke dokter ya.

Selama batuk kamu perlu lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah buahan dan sayur. Vitamin C mengandung zat antioksidan bagi tubuh, selain itu perbanyak konsumsi air putih juga ya.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat,  rajin berolahraga dan mengonsumsi makan yang sehat, agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dan kamu tidak mudah terserang penyakit.

Artikel Terkait

Bagikan: