5 Makanan Penambah Hb

Ani Rufaidah

Penurunan kadar Hb (hemoglobin) dalam tubuh tidak bisa disepelekan, sebab Hb memiliki peranan penting untuk tubuh.

Hb memiliki peran penting membawa oksigen dan sumber nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita konsumsi ke seluruh tubuh.

foto by : Alodokter.com

Selain itu, Hb juga berperan penting mengembalikan karbondioksida dari jaringan tubuh kedalam paru paru melalui sistem pernapasan.

Jika dibiarkan terus berlanjut, kekurangan Hb dapat menimbulkan berbagai serangan penyakit berbahaya seperti gastritis, anemia defisiensi, sirosis, hodgkin, gagal ginjal hingga kanker.

Gejala awal yang terjadi jika kamu memiliki Hb rendah biasanya ditandai dengan tubuh lemas, lesu, sesak nafas hingga detak jantung yang tidak teratur.

Jika kamu merasakan gejala tersebut segera periksakan diri ke dokter, dan berikut ini ada juga beberapa jenis makanan yang bisa kamu kosumsi untuk membantu meningkatkan kadar Hb dalam tubuh kamu, berikut ini penjelasannya :

1. Daging Segar

foto by : doktersehat.com

Daging merah segar seperti daging sapi dan kambing, mengandung asam folat dan sebagai sumber zat besi bagi tubuh. Zat besi merupakan komponen penting bagi tubuh yang dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah.

Setidaknya 85 gram daging sapi yang kamu konsumsi mengandung 2,1 mg zat besi bagi tubuh. Pilihlah daging sapi merah yang memiliki kadar lemak dalam jumlah sedikit.

Dibandingkan dengan jenis daging lainnya, daging sapi merah memang terbukti lebih ampuh dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

baca juga : tips mengolah daging dengan baik

2. Kacang

Selain daging sapi merah segar, makanan berikutnya yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, adalah segala jenis kacang kacangan seperti kacang merah, kacang tanah, kacang almond hingga kacang polong.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Vitamin A

Kacang kacangan adalah salah satu jenis makanan yang mengandung asam folat tinggi. Seperti kita ketahui kekurangan asam folat dapat menyebabkan penurunan kadar Hb.

Selain asam folat, kacang kacangan juga kaya akan vitamin B12 yang dapat meningkatkan kadar Hb dalam tubuh, sangat baik dikonsumsi terutama untuk ibu hamil dan anak anak.

3. Sayur Mayur Hijau

foto by : medium.com

Berdasarkan penelitian sayuran hijau banyak mengandung vitamin C dan zat besi yang sangat berguna untuk meningkatkan kadar Hb dalam tubuh.

Zat besi memang sumber komponen terpenting untuk meningkatkan kadar Hb dan memperbaiki sel sel yang rusak.

Jika kamu memiliki permasalahan terhadap kadar Hb yang rendah, kamu bisa jenis sayuran hijau seperti bayam, seledri dan juga sawi untuk meningkatkannya.

4. Hati

Hati adalah salah satu jenis makanan peningkat kadar Hb. Hati adalah sumber zat besi dan juga jenis makanan yang kaya akan vitamin A, yang dapat membantu penyerapan zat besi.

Kamu dapat mengonsumsi hati ayam maupun hati sapi untuk meningkatkan kadar Hb dalam tubuh. Hati dapat kamu olah menjadi berbagai makanan yang lezat dan juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar Hb dalam tubuh.

5. Buah buahan yang dikeringkan

foto by : blibli.com

Meskipun sudah dikeringkan buah buahan ini dipercaya dapat meningkatkan kadar Hb.

Buah buahan yang dikeringkan ini tidak selalu kehilangan nutrisinya, bahkan pada buah buahan tertentu kadar nutrisinya meningkat jika di konsumsi dalam bentuk telah dikeringkan. Buah buahan tersebut seperti kismis, kurma dan juga buah plum.

baca juga : khasiat kurma untuk kesehatan

Itulah 5 makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kadar hb dalam darah. Sebenarnya kamu juga dapat mengonsumsi obat obatan untuk meningkatkan kadar hb dengan cepat.

Baca Juga :  5 Makanan Tinggi Vitamin D

Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi beberapa makanan diatas terlebih dahulu untuk meningkatkan kadar Hb kamu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya dan tetap semangat beraktivitas.

Artikel Terkait

Bagikan: